Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, May 19, 2018

Indonesia Palm Oil Health (IPOH) 2018

Pakar UWMY: "Migor Sawit Terbukti Menyehatkan"
Direktur PPKS Dr Hasril Hasan Siregar yang memberikan pidato penutup dalam seminar IPOH

MedanBisnis – Medan  Anda pernah mendengar mitos kalau mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak goreng (migor) sawit akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan? Jika ya,maka mitos itu sesungguhnya menyesatkan serta tidak ilmiah.,












Akademisi Departemen Teknologi Pangan dan Nutrisi Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) Ambar Rukmini kepada MedanBisnis,Kamis (17/5), menyebutkan,dari berbagai hasil penelitian pihaknya, justru membuktikan kalau minyak sawit memiliki berbagai khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan manusia.


Hasil penelitian itu pernah ia paparkan di depan ratusan mahasiswa, dosen, praktisi perkebunan saat seminar bertajuk Indonesia Palm Oil Health (IPOH) di Aula Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) yang digelar pada Sabtu-Minggu, 5-6 Mei 2018.
"Yang mengadakan kegiatan itu adalah Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) bekerjasa dengan pihak Fakultas Farmasi USU. Di seminar itu saya membawakan makalah saya berjudul "Minyak Goreng Sawit dalam Penggorengan". Saya menilai hal ini penting agar masyarakat tahu mitos dan isu negatif tentang minyak sawit sesunguhnya tidak benar," kata Ambar Rukmini.

Di acara seminar itu Ambar mengungkapkan, isu negatif yang menyerang migor sawit yakni soal kandungan saturated fatty acid (asam lemak jenuh), transfat (lemak trans), kolestrol. "Hasil penelitian kami, minyak sawit tidak mengandung kolestrol dan zat-zat negatif lainnya," kata Ambar.

Dalam seminar itu Ambar mengungkapkan, sawit malah mengandung vitamin A, dan vitamin lainnya yang memilik kandungan antiaging atau penuaan serta mampu menghambat penyakit degeneratif.

Sementara itu Ahmad Gazali Sofwan S dari Kelompok Tim Pengolahan Hasil dan Mutu PPKS juga mengungkapkan hal yang sama. Gazali juga menjadi salahsatu pembicara dalam seminar bertajuk Indonesia Palm Oil Health (IPOH) tersebut dan mengangkat topik "Potensi Minyak Kelapa Sawit dan Produk Turunannya pada Kosmetik". Kata Gazali, sawit ini tidak hanya berguna untuk memperkaya bahan pangan, namun juga bisa dimanfaatkan untuk kosmetik.Pihaknya saat ini sudah mampu memproduksi sejumlah kosmetik yang lebih hiegenis dan lebih kaya akan vitamin yang ada dalam minyak sawit.

"Hasil penelitian kami menunjukkan hal yang tidak jauh berbeda dengan hasil penelitian Ibu Ambar Rukmini. Diseminar IPOH kemarin saya sebutkan kalau hasil penelitian kami menunjukkan sawit mengandung pro-vitamin A, vitamin E, squalene yang berfungsi untuk antikanker, dan lainnya," papar Gazali. Bahkan, sambung Gazali, sawit diklaim memiliki kandungan antiaging atau anti penuaan karena
salah satunya adalah, sawit mampu menahan kulit dari paparan sinar UV dan radiasi radikal bebas.

Direktur PPKS Dr Hasril Hasan Siregar yang memberikan pidato penutup dalam seminar IPOH tersebut menegaskan keyakinan pihaknya bahwa isu negatif yang dilontarkan terhadap sawit semata-semata didasari persaingan dagang.
Karena itu ia berharap semua pihak di Indonesia mau bahu-membahu melawan black campaign terhadap sawit sekaligus membuktikan kalau sawit sangat berguna bagi kesehatan manusia dan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan harmonis dengan kelestarian lingkungan. 􀁺 Hendrik H.



Dikutip dari Terbitan MedanBisnis Jumat, 18 Mei 2018



No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum