Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, August 27, 2016

BIMBINGAN TEKNIS REGISTRar Direktorat PCBM

Menurut Dr.Harry Widianto Kebutuhan Registrar yang profesional masih menjadi kendala bagi museum-museum diIndonesia,sebanyak 416 Museum yang terdaftar di Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman, hanya beberapa saja yang memiliki tenaga registrar profesional dibidangnya,

Pencatatan dan pendokumentasian setiap objek maupun koleksi sangatlah penting oleh sebab itu diperlukan sumber daya manusia yang profesional dibidang itu . Tenaga profesional tersebut disebut registrar.
Mengacu pada International Council of Museum pada tanggal 14 Juni 1974 dikemukakan
ada 9 fungsi museum yaitu :
1.Pengumpul dan pengamanan warisan alam dan budaya 2. dokumentasi dan peneliatian ilmiah 3. konservasi dan preservasi 4. Penyebaran dan pemerataan ilmu untuk umum 5. Pengenalan dan penghayatan kesenian 6. Pengenalan Budaya antar daerah dan antar bangsa 7. Visualisasi warisan alam dan budaya 8.Cermin pertumbuhan peradaban umat manusia 9. Pembangkit rasa takwa dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa


Menurut Dr.Harry Widianto sebanyak 416 Museum yang terdaftar di Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman, hanya beberapa saja yang memiliki tenaga registrar profesional dibidangnya.
Kebutuhan Registrar yang profesional masih menjadi kendala bagi museum-museum diIndonesia, oleh sebab itu diperlukan Bimbingan dan pembinaan tenaga registrar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus keterampilan tentang sistem registrasi koleksi agar dapat diterapkan dan diajarkan ditempat/daerah masing-masing.

Upaya tersebut sudah dilakukan dua kali sebelumnya di Bogor,dan Yogyakarta, dimana Bimbingan Teknis yang dilaksanakan tanggal 24 s/d 27 Agustus 2016 kali ini adalah yang ketiga, dan menurut panitia ini merupakan penutup.
Atas dorongan dan bantuan Kepala UPT Museum Negeri SUMUT Dra.Sri Hartini,Msi, dari Museum Perkebunan Indonesia sebagai museum yang baru berdiri, dapat turut sebagai peserta dalam Bimbingan Teknis ini 
   
Panitia dan pengajar pada Bimbingan Teknis ini dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia mereka adalah para profesional dibidangnya masing-masing antara lain :
- Dr.Harry Widianto
- Yuni Astuti SH,MM
- Andini Perdana,Mhum
- Gunawan
- Andi Yazi


Materi-materi yang di sampaikan adalah :
1. Kebijakan Permuseuman 2. Kode Etik dan Peraturan Permuseuman 3. Pengadaan Koleksiteori dan praktek 4. Pencatatan Koleksi,teori dan praktek 5. Pencatata lalaulintas koleksi,teori dan praktek 6. Penghapusam Koleksi,teori dan praktek 7. Praktek pendokumentasian 8. Pengoperasian aplikasi registrasi koleksi ke PCBM.





No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum