Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, September 13, 2013

Amazing !!! Tembakau tak hanya jadi Rokok dan Cerutu

Kabar Gembira!! kemajuan tekhnologi dan usaha penelitian yang serius dapat menghasilkan produk baru maupun turunan atau produk penunjang lainnya salah satunya pengembangan ilmu pengetahuan tentang TEMBAKAU... 

kalu boleh curhat nih... saya perihatin dan sedih juga kalau tembakau itu akan lenyap dari peredaran dunia Agri bisnis (pertanian dan perkebunan),akan tetapi bukan karena saya si-perokok, tapi karena tembakau merupakan tanaman komoditi BERSEJARAH yang telah menopang perkembangan negeri ini terutama di Tanah Deli,belum lagi dibeberapa daerah Pulau Jawa yang masyarakatnya menggantungkan hidup dari tembakau 

So...Siapa yang PERDULI????

Sepertinya banyak dari kita "pada latah"

kampanye anti rokok gencar di lakukan sampai ke gedung legislasi Negara dengan RPP Tembakaunya yang dapat mengancam mata pencaharian rakyat sendiri,ditambah berat lagi dengan permasalah/sengketa lahan perkebunan yang masih menjadi incaran Mafia tanah yang tak kunjung padam.

Jadi apabila hal ini serius dapat di kembangkan maka akan membuka lapangan kerja dan mengurangi beban masyarakat yang sudah resah karena kemampuan daya belinya selalu dihantui oleh kenaikan BBM, lagi-lagi BBM yang di"KERUK" dan berasal dari fosil-fosil di perut bumi itu bukan??.    

Setelah tembakau dimanfaatkan sebagai pestisida Alami "TERNYATA!!" disamping itu masih memiliki  prospektif potensial dimasa yang akan datang apakah itu ??  yaitu telah diteliti dapat dijadikan sebagai ENERGI YANG TERBARUKAN juga, tak hanya sawit lo..yang digadang-gadang ...... berikut kutipannya...

Salah satu spesies pohon tembakau, yakni Nicotiana glauca mampu memproduksi senyawa yang bisa digunakan sebagai biodiesel.

tembakau,jember,tembakau bawah naungan
Petani merawat Tembakau Bawah Naungan (Shade Grown Tobacco) di Ajung, Jember, Jawa Timur. Berkat jaring plastik, daun tembakau yang akan diekspor sebagai pembungkus cerutu lebih terjaga kualitasnya. Kisah lengkap tembakau dan kaitan eratnya dengan masyarakat Nusantara dalam NGI Desember 2012. (Hafidz Novalsyah)
Sekelompok ilmuwan asal School of Biological Sciences, Inggris, menemukan bahwa salah satu spesies pohon tembakau, yakni Nicotiana glauca mampu memproduksi senyawa yang bisa digunakan sebagai biodiesel. Senyawa ini bisa digunakan secara langsung sebagai bahan bakar atau diproses menjadi produk minyak lainnya.

Yang menarik, pohon ini diketahui dapat tumbuh baik di kondisi yang panas dan gersang. Untuk tumbuh besar, dia tidak butuh tanah yang subur dan bisa hidup di kawasan yang hanya mendapatkan curah hujan 200 milimeter per tahun atau bertemperatur di atas 40 derajat Celsius.
“Ini merupakan faktor penting. Artinya, mengembangbiakkan tanah ini tidak perlu mengorbankan lahan bagi tanaman pangan,” kata Paul Fraser, salah satu peneliti dari School of Biological Sciences. “Saat ini, banyak petani yang mulai khawatir jika mereka harus merelakan sebagian lahan mereka untuk menanam tumbuhan bahan biofuel, dan temuan kami berpotensi mengatasi masalah ini,” ucapnya.
Dari studi awal, diketahui bahwa tanaman tersebut mampu tumbuh di kondisi iklim padang pasir seperti yang biasa ditemukan di Uni Emirat Arab, Afrika Utara, dan kawasan kering di berbagai belahan bumi lainnya.
(Baca juga: Hikayat Negeri Tembakau)

Tanaman ini juga dipastikan bisa menjadi sumber pemasok bioethanol dan biodiesel, yang bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan dalam bentuk aslinya. Namun biasa digunakan sebagai zat aditif untuk mengurangi tinglat partikulasi, karbon monoksida, dan hidrokarbon pada kendaraan bermesin disel.

Menurut data International Energy Agency, biofuel punya potensi besar untuk memenuhi kebutuhan hingga lebih dari seperempat permintaan bahan bakar dunia untuk industri transportasi, pada tahun 2050 mendatang. Uni Eropa telah menyiapkan anggaran sebesar 5,77 juta Euro (sekitar Rp71,8 miliar) untuk melakukan studi lebih lanjut lewat proyek MultiBioPro yang melibatkan mitra dari kalangan industri dan akademis.

Proyek ini bertujuan untuk mendalami pengetahuan terkait proses biologis dan meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan. Harapannya, akan ada teknologi yang dapat mengurangi secara signifikan konsumsi energi berbasis fosil dan pada akhirnya mampu mengurangi emisi gas rumah kaca.

dikutip dari : nationalgeographic
(Abiyu Pradipa. Sumber: Phys.Org)


Sumber tulisan  lainnya...
potensi-tanaman-tembakau-sebagai-bioenergi
Jakarta, EnergiToday--Industri tembakau Amerika Serikat dalam beberapa dekade ini menderita penurunan pangsa pasar yang signifikan. Kini sedang diupayakan penelitian yang merekayasa genetik tanaman tembakau untuk dimanfaatkan menjadi biofuel.

The US Department of Energy (DOE) Advanced Research Projects Agency-Energi (ARPA-E) menghabiskan US$ 4,9 juta pada program tiga tahun yang bertujuan untuk memproduksi bensin, diesel dan bahan bakar jet dari tembakau. DOE, bersama dengan mitra di Lawrence Berkeley National Laboratory (LBNL), University of California di Berkeley, dan University of Kentucky di Lexington, akan menghasilkan tanaman tembakau rekayasa genetik yang memiliki hampir sepertiga dari berat kering dalam hidrokarbon.

Jika proyek ini berhasil, diperkirakan seribu hektar rekayasa genetik tembakau dapat menghasilkan lebih dari satu juta galon biofuel. Itu berbeda dengan tugas yang berat normal produksi biofuel yang melibatkan pengurangan mikroba gula menjadi biofuel.

"Alga sudah membuat minyak alkana dan turpenoid, digunakan untuk biofuel seperti biodiesel atau bio-jet," kata Peggy Lemaux, tanaman mikroba ahli biologi di University of California di Berkeley dan peneliti utama pada proyek ARPA-E seperti yang dikutip dari Renewable Energy World (11/7). "Jadi, dengan memasang gen alga dalam jaringan daun tembakau, kita dapat membuat minyak ini dalam tembakau dan ekstrak mereka langsung dari biomassa daun hijau dalam proses sederhana."

Petani tembakau sudah sangat mendukung proyek ini. Tembakau juga menawarkan fleksibilitas petani lebih dalam penanaman dibandingkan switchgrass atau miscanthus, mencatat bahwa dari tahun ke tahun, petani tembakau bisa beralih dari tembakau untuk tanaman lain.

(Nimas/REW) http://m.energitoday.com/2013/07/12/potensi-tanaman-tembakau-sebagai-bioenergi/

 Tentang tembakau lainnya :

 http://www.kompasiana.com/membunuhindonesia/manfaat-tembakau-yang-disembunyikan_5529e6f46ea8345973552cfd













cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum