Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, August 21, 2013

Eksportir Optimis Pasar Karet Membaik

Belawan. Eksportir karet di Sumatera Utara (Sumut) optimis pasar ekspor komoditas karet yang menjadi salah satu unggulan Sumut akan membaik. Hal ini seiring dengan adanya sinyal perbaikan ekonomi di Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang selama ini menjadi tujuan utama ekspor karet.

“Tahun ini kondisi perekonomian Eropa dan AS yang sempat terpuruk akibat krisis finansial sudah mulai bangkit kembali. Jadi pastilah tahun ini ekspor karet dari Sumut meningkat,” kata Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut Khairul Mahalli, kepada MedanBisnis melalui sambungan selular, Selasa (20/8).

Tahun lalu, kata Khairul yang juga Ketua Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Sumut itu, pasar di Eropa dan AS sangat susah dan berimbas ke pasar China. Dampaknya, ekspor karet mengalami penurunan. “Kami optimis tahun ini akan membaik,” sebutnya.

Sebelumnya, Staf Hukum dan Humas Pelindo I BICT Pamela Tampubolon, mengatakan, selama tujuh bulan pertama tahun 2013 ekspor karet Sumut menunjukkan tren meningkat.
Dikatakannya, selama Januari-Juli 2013, aktivitas ekspor komoditas karet Sumut melalui terminal peti kemas BICT tercatat mencapai 455.818 ton. Jumlah ini naik sekitar 16,53% dibandingkan periode serupa tahun 2012 yang berjumlah 391.126 ton.

Kondisi ini, sebutnya, berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni selama tahun 2012, volume ekspor karet Sumut tercatat sebanyak 678.445 ton atau susut sekitar 12,12% dibandingkan tahun 2011 yang mencapai 772.099 ton.

Dia mengakui selama ini komoditas karet merupakan primadona ekspor Sumut yang dikapalkan melalui terminal peti kemas BICT. “Selama ini komoditas karet tetap bertengger di urutan pertama dari seratus lebih komoditas ekspor Sumut yang dikapalkan melalui terminal peti kemas BICT,” ujar Pamela.  (wismar simanjuntak)/MB

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum